Page 18 - Warta USK Januari 2022
P. 18

MUTU                                                                                                                                                                                                  MUTU






          Sinergisitas dan Implementasi                                                                                          (prodi) baru atau menutup prodi yang

                                                                                                                                 sudah ada, menentukan target sistem
          Kebijakan USK Menuju PTNBH                                                                                             penjaminan mutu internal, pemenuhan
                                                                                                                                 tuntutan 8 IKU serta kemampuan dalam
                                                                                                                                 memenuhi komponen “pelampauan”
                                                                                                                                 standar mutu SNDIKTI pendidikan,
                                                                                                                                 penelitian, dan pengabdian.
                                                                                                                                   Dari sisi nonakademik, kebijakan
                      Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc                                                                          otonomi penetapan anggaran juga
                      Kepala Pusat Pengembangan dan Inovasi Sistem Manajemen                                                     harus disinergiskan antara komponen
                      Penjaminan Mutu LP3M/Dosen Fakultas Pertanian USK                                                          peningkatan mutu sarana prasarana
                                                                                                                                 pendidikan, penelitian, dan pelayanan
                                                                                                                                 jasa akademik seperti modernisasi
                                                                                                                                 peralatan laboratorium. Selain itu,
                   khir tahun 2021 lalu,                                                                                         pendukung pendidikan lainnya seperti
                   Universitas Syiah Kuala                                                                                       perpustakaan, ICT, dan lainnya dapat
                   (USK) mendapatkan                                                                                             ditingkatkan untuk menumbuhkan        maupun internasional, kualitas     meningkatkan kesejahteraan dosen
                   kado istimewa dari                                                                                            atmosfir mutu akademik.               pelayanan akademik, dan            dan tendik PTNBH yang lebih baik;
         AKemendikbudristek.                                                                                                       Dari pengalaman PTNBH               pencapaian 8 IKU PT;            7.  Sistem perencanaan dalam PTNBH
          Kampus ini akan menyandang status                                                                                      sebelumnya, hambatan pelaksanaan   3.  Perencanaan otonomi akademik      yang sinergis, terukur, konsisten,
          sebagai Perguruan Tinggi Negeri                                                                                        otonomi perguruan tinggi terjadi karena   meliputi penguatan mutu,       dan berkelanjutan perlu didukung
          Badan Hukum (PTNBH). Perubahan                                                                                         fokus perhatian hanya pada satu atau   prestasi, dan pelayanan akademik   dengan SDM berkualitas yang
          ini pasti berdampak pada status                                                                                        dua aspek saja tanpa memperhatikan    secara terukur dan terkendali      memahami nilai-nilai akademis dan
          USK sebagai badan hukum publik                                                                                         aspek lainnya. Untuk keberhasilan     berbasis pelampauan standar        nonakademis serta memiliki sistem
          yang otonom. Dalam konsep PTNBH,                                                                                       otonomi, diperlukan adanya            mutu pendidikan baik level         monitoring evaluasi berjenjang dan
          otonomi diberikan kepada PTN agar                                                                                      pembenahan seluruh aspek. Selain itu,   nasional maupun internasional;   terintegrasi.
          dapat berperan sebagai kekuatan                                                                                        dibutuhkan sinergisitas antara mutu   4.  Perencanaan nonakademik dalam   Untuk mewujudkan prinsip
          moral yang menjadi aspek penting                                                                                       akademik dan nonakademik terutama     PTNBH tidak saja ditujukan pada   perencanaan PTNBH seperti di atas,
          dalam reformasi pendidikan tinggi.                                                                                     mutu pelayanan dan mutu generating    komponen income generating,     USK yang akan menyandang status
            USK harus memiliki komponen                                                                                          revenue.                              tetapi dijadikan sebagai faktor   PTNBH harus segera melakukan
          otonomi yang dimaksud yaitu otonomi                                                                                      Pada tahap awal untuk mencegah      pendukung utama dalam           perubahan secara komprehensif.
          akademik dan nonakademik yang                                                                                          disorientasi tujuan PTNBH, maka       mewujudkan penguatan pelayanan   Langkah ini penting untuk keberhasilan
          disusun berdasarkan perencanaan        Dalam konsep                   tinggi. Sedangkan kebijakan otonomi              perguruan tinggi perlu menetapkan     dan prestasi akademik yang      pelaksanaan otonomi terkait perubahan
          yang sinegeris dan terpadu sejak       PTNBH, otonomi                 nonakademik meliputi organisasi,                 dan menerapkan sistem perencanaan     optimal melalui penguatan sistem   kebijakan pemerintah terhadap
          awal sesuai sifat, karakteristik, dan                                 kemahasiswaan, ketenagaan,                       yang terpadu, sinergis, terukur,      penjaminan mutu internal;       pendidikan tinggi, kerangka legislatif
          tujuan PTNBH. Oleh karenanya, sistem   diberikan kepada               keuangan, dan sarana prasarana.                  konsisten, dan berkelanjutan sesuai   5.  Perencanaan otonomi         dan pengaturan tentang hakikat
          perencanaan terintegrasi dan sinergis   PTN agar dapat                Walau secara umum perguruan tinggi               tujuan dan visi perguruan tinggi.     nonakademik terkait income      otonomi, kebutuhan akan akuntabilitas,
          perlu dibangun di lingkungan USK       berperan sebagai               berstatus PTNBH memiliki banyak                  Contohnya seperti USK yang meliputi;  generating harus berbasis       mekanisme pendanaan, dan kesiapan
          dengan penguatan struktur organisasi,                                 keleluasaan dalam pengelolaannya,                1.  Sistem perencanaan PTNBH          efisiensi, pemanfaatan aset     perguruan tinggi untuk mengemban
          tupoksi, dan SDM sehingga perubahan    kekuatan moral                 tetapi tanpa perencanaan sinergis                  terpadu tetap mengacu pada          akademik, SDM, dan aset fisik   otonomi baik secara akademis maupun
          positif dapat dihasilkan.              yang menjadi                   dan terpadu dikhawatirkan banyak                   upaya mewujudkan visi perguruan     secara berimbang, terukur, dan   nonakademis. Dengan demikian nilai
            Dalam perencanaan PTNBH,             aspek penting                  mengorbankan komponen akademik                     tinggi yang telah dicanangkan;      berkelanjutan;                  manfaat dan keuntungan penyandang
          umumnya kebijakan otonomi                                             dan mutu pelayanan akademik.                     2.  Prinsip perencanaan PTNBH harus   6.  Perencanaan otonomi         predikat PTNBH dapat dirasakan
          akademik meliputi penetapan            dalam reformasi                   Keuntungan PTNBH dari sisi                      berbasis target kinerja, target     nonakademik terkait income      secara nyata oleh seluruh komponen
          norma, kebijakan operasional, dan      pendidikan tinggi.             akademik antara lain kewenangan                    pencapaian mutu, peningkatan        generating dikelola secara      sivitas akademika, pengguna jasa, dan
          pelaksanaan tridarma perguruan                                        Rektor dalam membuka program studi                 eksistensi USK di tingkat nasional   terorganisir dan bertujuan untuk   masyarakat. []




          18  Warta USK Januari 2022                                                                                                                                                                                Warta USK Januari 2022 19
   13   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23