Page 15 - Warta USK Januari 2022
P. 15

PAKAR                                                                                         PAKAR







 Abdul Rochim, S.Sos., M.Pd  masyarakat meningkat dalam beberapa
 Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM) USK  tahun terakhir.
 Penguatan Kualitas  Mengapa tema kualitas layanan dipilih

          ketika rapat kerja tahun ini?
 Layanan Menuju PTNBH  layanan berdampak positif kepada
            Karena USK menilai penguatan

          pengguna layanan utama, yaitu
          mahasiswa, lulusan, masyarakat
          pengguna layanan, dan peningkatan
          kepercayaan mitra kerja. Apalagi
          USK sedang bertransformasi menjadi
 aat ini, Universitas Syiah   PTNBH, sehingga mendorong USK
 Kuala sedang bersiap untuk   menjadi PTN yang mandiri. Baik
 bertransformasi menjadi   dari sisi pengelolaan keuangan,
 Perguruan Tinggi Badan Hukum   kemandirian pengelolaan akademik,   Selain itu juga mengoptimalkan fungsi   Pelayanan yang ideal institusi
 S(PTNBH). Pada masa transisi ini,   dan lainnya.   Unit Layanan Terpadu dan PPID.  pendidikan tinggi itu seperti apa?
 USK terus berupaya membenahi institusinya.   Kemandirian ini tentunya            Sebagai lembaga pendidikan,
 Salah satunya dengan meningkatkan kualitas   sulit terwujud jika tidak didukung   Apakah ada program prioritas terkait   pelayanan tentunya mengacu kepada
 layanan. Lantas sejauh mana upaya USK   adanya penguatan pendapatan. Dan   upaya peningkatan layanan ini?  tugas dan fungsi PTN yaitu tridarma
 mewujudkan hal tersebut? Dan mengapa   pendapatan tidak optimal apabila   Program penguatan layanan di USK   perguruan tinggi yang didukung sarana
 peningkatan kualitas layanan ini menjadi isu   tidak didukung kualitas layanan bagi   telah tertuang dalam Renstra USK tahun   penunjang layanan yang up to date. Atau
 penting bagi USK?  masyarakat pengguna layanan tridarma   2024, yang meliputi penguatan layanan   bisa juga sesuai dengan perkembangan
 Berikut petikan wawancara Warta USK   maupun nontridarma.  pembelajaran dan kemahasiswaan.   dan kebutuhan pengguna layanan, serta
 dengan Kepala Biro Perencanaan dan         Tujuannya untuk menghasilkan lulusan   didukung oleh SDM pelaku layanan yang
 Hubungan Masyarakat (BPHM) USK, Abdul   Apa strategi USK meningkatkan   yang mampu bersaing di dunia kerja   berkompetensi tinggi.
 Rochim, S.Sos., M.Pd.
          kualitas layanan?                 atau menjadi pelaku wirausaha yang
            Ada beberapa strategi USK dalam   handal, sehingga dapat melaksanakan   Jika sudah PTNBH, bagaimana
 Bagaimana kualitas layanan USK saat ini?  meningkatkan kualitas pelayanan,   program merdeka belajar dan   standar layanan USK semestinya?
 Kualitas layanan USK mengalami   di antaranya setiap komponen   berprestasi minimal tingkat nasional.  Dengan PTNBH, kampus USK
 peningkatan yang signifikan, baik dari aspek   layanan memiliki standar layanan dan   Lalu pengelolaan prodi yang   diberikan otoritas yang lebih luas
 layanan tridarma maupun layanan pendukung.   ditetapkan secara legal, meningkatkan   berdaya saing baik di tingkat nasional   dalam mengelola lembaganya yang
 Ini terlihat dari modernisasi layanan serta   komitmen yang tinggi terhadap pelaku   maupun internasional. Tentu ini   akhirnya menuntut kemandirian
 kualitas SDM yang mumpuni. Maka tidak   layanan di semua unit layanan USK.   didukung oleh pelaku layanan yaitu   optimal terutama dalam pengelolaan
 salah, jika USK telah menjadi PTN berdaya   Lalu, menjalin interaksi terhadap   dosen dan tenaga kependidikan yang   finansialnya. Penguatan kemandirian
 saing tinggi dan bisa bersaing dengan PTN   penerima layanan. Misalnya melalui   memiliki kompetensi tinggi.  finansial ini didapatkan dari beberapa
 terkemuka di Indonesia, khususnya di Pulau   layanan pengaduan dan survei   Kemudian, penguatan layanan   unit layanan dengan strategi corporate.
 Jawa. Hal inilah yang menjadikan kepercayaan
          kepuasan masyarakat terhadap      di bidang riset dan pengabdian     Maka, setiap jenis layanan publik
          layanan USK.                      masyarakat, sehingga produk riset   harus mempunyai standar layanan
            Selanjutnya modernisasi layanan   dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.   yang efektif dan efisien.  Mampu
 Maka, setiap jenis layanan   dengan berbasis TIK dan selalu   Penguatan layanan untuk pelaksanaan   mempersingkat alur birokrasi, tetapi

 publik harus mempunyai   dilaksanakan pemutakhiran, sehingga   kemitraan, penguatan layanan untuk   tidak terlepas dari azas kepatuhan
                                                                               terhadap peraturan perundang-
                                            meningkatkan transparansi dan
          akhirnya dapat memberikan layanan
 standar layanan yang efektif   berbasis TIK yang terintegrasi. Hal ini   akuntabilitas, sehingga USK menjadi   undangan, dan memberikan
 dan efisien.   memberikan kemudahan akses kepada   satuan kerja yang melaksanakan good   kemudahan akses masyarakat untuk
                                                                               mendapatkan layanan USK. []
                                            govermance dan good governance.
          publik untuk mendapatkan layanan.


 49  Warta USK Januari 2022                                                                  Warta USK Januari 2022 49
   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20