Page 30 - Warta USK Juni 2022
P. 30

RISET                                                                                                                                                                                                 RISET






          PENGEMBANGAN MODEL                                                                                                     digital 4.0, perkembangan teknologi

                                                                                                                                 informasi telah mengantarkan
          DISAGREGAT HIBRIDA PERILAKU                                                                                            perkembangan teknologi analisis       Pendekatan   Pendekatan   Pendekatan   Pendekatan   Simulasi & Big
                                                                                                                                                                                                                          Pendekatan
                                                                                                                                                                                                              Disagegat
                                                                                                                                                                                                 Disagregat
                                                                                                                                 permintaan perjalanan transportasi
          PERJALANAN TRANSPORTASI                                                                                                ke generasi ke lima, yaitu            Simplifikasi  Agregat    Konvensional   Hibrida   Data Analitics
                                                                                                                                 pendekatan big data analytics dan
                                                                                                                                 artifial intelligent.
                                                                                                                                   Disagregat model dibangun             Generasi     Generasi     Generasi    Generasi     Generasi
                                                                                                                                                                            1.0
                                                                                                                                                                                        2.0
                                                                                                                                                                                                                  4.0
                                                                                                                                                                                                     3.0
                                                                                                                                                                                                                              5.0
                                                                                                                                 berdasarkan teori perilaku rasional                                        §Hybrid Discrete
                     Prof. Dr. Eng. Ir. Sugiarto, ST., M.Eng., IPM.                                                              dalam pengambilan keputusan             Trip Rate -  Four Steps   §Activity Based  Choice  Data Mining &
                                                                                                                                                                                                  §Discrete
                                                                                                                                                                         Analogy
                                                                                                                                                                                                                            Artificial
                                                                                                                                                                                       Model
                     Profesor dalam Bidang Ilmu Sistem Transportasi Jurusan                                                      pergerakan transportasi, yaitu           Model                 Choice Analysis  §Hybrid Resource   Intelligence
                                                                                                                                                                                                               Model
                     Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala
                                                                                                                                 individual selalu memilih alternatif
                                                                                                                                 pilihan transportasi berdasarkan
                                                                                                                                 kepuasan alternatif pilihan (utilitas).
                   ertumbuhan ekonomi                                                                                            Alternatif pilihan diwakili oleh atribut
                   dan naiknya kepemilikan                                                                                       alternatif moda seperti tiket/biaya,                           sikap dan persepsi individu untuk
                   kendaraan pribadi                                                                                             waktu tempuh, dan karakteristik                                dimasukkan melalui variabel laten dalam
                   menjadikan faktor                                                                                             sosial ekonomi individual seperti   Optimalisasi model         pengaturan pilihan diskrit standar. Dua
        Pdominan masyarakat                                                                                                      pendapatan, jenis kelamin, usia,   hibrida ini terkait         pendekatan untuk model hibrida sekarang
          tergantung pada moda pribadi                                                                                           pendidikan dan status sosial/                                  tersedia secara luas, satu berdasarkan
          seperti mobil dan roda dua.                                                                                            pekerjaan. Pendekatan yang mampu   dengan bagaimana            pendekatan hierarki/tahapan dan yang
          Darurat ketergantungan moda                                                                                            mengakomodir kompleksnya atribut   pendapatan dari             lainnya kerangka kerja simultan. Pendekatan
          pribadi mengakibatkan dampak                                                                                           perilaku perjalanan di atas adalah   kebijakan road            kedua menawarkan estimator parameter
          negatif pada sistem transportasi                                                                                       pendekatan disagregat prediksi                                 yang efisien dan konsisten tetapi telah
          perkotaan seperti kemacetan dan                                                                                        demand.                            pricing di Jakarta          digunakan lebih sedikit karena lebih
          dampaknya (eksternalitas). Dampak                                                                                        Akibat tingginya penggunaan      harus dialokasikan          kompleks dan rumit secara komputasi
          kemacetan secara langsung adalah                                                                                       moda pribadi, terjadi peningkatan   untuk pembiayaan           karena integral multidimensi dalam
          kerugian ekonomi wilayah kota                                                                                          kemacetan jalan raya dan kerusakan                             distribusi gabungan.
          yang disebabkan dari aspek naiknya                                                                                     lingkungan kota (emisi dan         kebijakan                      Berdasarkan distribusi data, data perilaku
          waktu tempuh perjalanan, naiknya                                                                                       kebisingan), perpindahan moda dari   transportasi              perjalanan transportasi umumnya dibedakan
          konsumsi bahan bakar, kerugian                                                                                         kendaraan pribadi ke transportasi                              menjadi dua, yaitu data kontinu (infinite) dan
          lingkungan (emisi & kebisingan).                                                                                       umum menjadi jawaban utama yang    yang sesuai                 data diskrit (finite). Model pemilihan hibrida
          Upaya mitigasi kemacetan dan                                                                                           tersedia bagi para perencana kota   dengan harapan             yang dikembangkan untuk memodelkan
          eksternalitasnya menjadi isu penting   dua pendekatan, yaitu pendekatan   perjalanan transportasi diasumsikan          dan pembuat kebijakan transportasi.   masyarakat.              perilaku perjalanan transportasi juga
          dan prediksi pergerakan transportasi   agregat dan disagregat. Pendekatan   mengikuti fenomena linear.                 Studi telah menyarankan solusi                                 dikembangkan menjadi dua jenis yaitu model
          menjadi isu krusial dalam analisis   agregat seperti trip rate analysis   Pada era 1980-an sejak                       untuk mempromosikan pergeseran                                 hibrida dengan data variabel terikat adalah
          kebijakan sistem transportasi.     dan model empat tahap (four steps   pendekatan disagregat konvensional              modal yang melibatkan peningkatan                              data kontinu, dikenal dengan model hibrida
            Menurut Ortuzar & Willumsen      model). Pendekatan ini dikatakan   ditemukan, permintaan perjalanan                 kualitas layanan dan mengakomodasi                             alokasi (hybrid allocation model dan model
          di tahun 2011, prediksi demand     model agregat dikarenakan berbasis   cenderung sebagai preferensi dari              persepsi/motivasi untuk beralih pada                           hibrida dengan data terikat data diskrit,
          transportasi menjadi hal terpenting   pada perilaku perjalanan suatu zona   aktivitas individual dan mengikuti         moda transportasi umum.                                        dikenal dengan model hibrida diskrit (hybrid
          dalam perencanaan dan formulasi    bangkitan dan tarikan perjalanan   fenomena nonlinier. Pendekatan                     Selama dekade terakhir jenis                                 discrete choice model.
          kebijakan sistem transportasi.     transportasi. Model ini dikembangkan   disagregat terdiri disagregat                model pemilihan hibrida telah                                     Kerangka umum pilihan diskrit hibrida
          Prediksi demand dibedakan menjadi   di era 1950 dimana permintaan     kovensional dan hibrida. Di era                  diusulkan untuk memungkinkan                                   memiliki model dua tahap yang terdiri dari dua




          30  Warta USK Juni 2022                                                                                                                                                                                     Warta USK Juni 2022 31
   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35