Page 32 - Warta USK Juni 2022
P. 32

RISET







          komponen pemodelan sekuensial: 1)   publik terhadap perilaku pilihan   pemerintah).
          model variabel laten menggunakan   alokasi pembiayaan transportasi       Formulasi kebijakan transportasi
          model persamaan struktural berbasis   yang sesuai dengan harapan      sangat tergantung pada keakuratan
          kovariat (covariance based-structural   masyarakat. Untuk mendapatkan   prediksi asal-tujuan transportasi.
          equation modelling (CB-SEM)); dan   informasi pemilihan oleh responden,   Seiring dengan kompleksnya
          2) model pilihan kontinu atau diskrit.   maka responden diminta untuk   perilaku perjalanan (travel behavior)
          Model pertama (model variabel      menunjukkan bobot mereka           transportasi di level individual,
          laten) terdiri dari model persamaan   (tingkat persetujuan) dengan    maka analisis data perjalanan
          struktural berbasis kovariat (CB-  empat distribusi pendapatan (yaitu   transportasi perlu disesuaikan
          SEM). Model ini umumnya digunakan   peningkatan transportasi umum;    dengan metode analisis yang dapat
          untuk menggali lebih dalam informasi   peningkatan keselamatan lalu lintas;   mengurangi bias antara demand
          perilaku terkait persepsi psikologis   merangsang bisnis lokal; tujuan lain).     yang diprediksi (predicted) dan
          responden. Model multiple-indicators   Hasil analisis dengan HRA (hybrid   realitasnya (observed). Prediksi
          multiple-causes (MIMIC) merupakan   revenue allocation) model yang    permintaan perjalanan (demand
          salah satu CB-SEM lengkap yang     diterapkan untuk analisis kebijakan   forecasting) merupakan komponen
          digunakan untuk menangkap variabel   road pricing di Jakarta, menunjukkan   utama untuk analisis kebijakan
          baik yang teramati (penyebab)      alokasi preferensi alokasi pendapatan   transportasi seperti studi kelayakan,
          maupun yang tidak teramati         yang dominan masing-masing adalah   perencanaan jaringan jalan,
          (indikator). Pada umumnya analisis   54,13 perse  dan 29,25 persen untuk   perencanaan moda transportasi dan
          data permintaan perjalanan dan     peningkatan transportasi umum dan   berbagai kebijakan transportasi.
          perilaku perjalanan transportasi   peningkatan keselamatan lalu lintas.   Perkembangan teknologi
          dihadapkan pada dua jenis data, yaitu   Sedikit dukungan untuk pengeluaran   komputasi dan sistem informasi
          data kontinu dan data diskrit.     untuk isu-isu lain seperti merangsang   memberikan kontribusi signifikan
            Optimalisasi model hibrida       bisnis lokal (12,52 persen) dan    dalam perubahan pola perjalanan
          ini terkait dengan bagaimana       menciptakan ruang hijau, mendorong   transportasi individual. Sehingga
          pendapatan dari kebijakan road     penegakan hukum dan meningkatkan   disimpulkan pendekatan yang
          pricing di Jakarta harus dialokasikan   sistem parkir (total 4,10 persen).   mampu mengakomodir kompleksnya
          untuk pembiayaan kebijakan           Model HRA menyimpulkan faktor    pola pergerakan dan atribut perilaku
          transportasi yang sesuai dengan    yang signifikan mempengaruhi       perjalanan transportasi adalah
          harapan masyarakat. Selanjutnya,   perilaku pilihan individu termasuk   pendekatan disagregat (generasi
          studi ini menggunakan kerangka     variabel nyata (tangible), yaitu   ke 3 dan 4) dan pendekatan big
          utilitarian tradisional (utilitarian   tingkat biaya; pendapatan bulanan;   data analytics dan artifial intelligent
          resource allocation) untuk         pengeluaran transportasi; frekuensi   (generasi ke lima). []
          memodelkan alokasi pembiayaan      mengunjungi kawasan pusat bisnis,
          transportasi yang bersumber dari   atau CBD; frekuensi menggunakan       * Tulisan Riset ini diambil dari
          pendapatan road pricing di Jakarta.   moda mobil untuk memasuki CBD;   Orasi Ilmiah  Prof. Dr. Eng. Ir.
          Model konvensional dikembangkan    frekuensi menggunakan transportasi   Sugiarto, ST., M.Eng., IPM pada
          berdasarkan pertimbangan           umum untuk memasuki CBD; dan       Sidang Terbuka Pengukuhan
          atribut objektif atau terukur dari   variabel tidak berwujud (intangible),   Profesor di USK, Kamis, 2 Juni
          alternatif dan karakteristik sosio-  yaitu pengakuan skema road pricing;   2022 dengan judul “Pengembangan
          demografis individu sebagai variabel   penghambatan kebebasan bergerak;   Model Disagregat Hibrida Perilaku
          penjelas. Sedangkan model hibrida   kepercayaan pada kebijakan        Perjalanan Untuk Prediksi
          kemudian menyertakan persepsi      pemerintah, termasuk transparansi   Permintaan Perjalanan Transportasi”




          32  Warta USK Juni 2022                                                                                                                                                                                     Warta USK Juni 2022 33
   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37