Page 33 - Warta USK Juni 2022
P. 33

RISET







 komponen pemodelan sekuensial: 1)   publik terhadap perilaku pilihan   pemerintah).
 model variabel laten menggunakan   alokasi pembiayaan transportasi   Formulasi kebijakan transportasi
 model persamaan struktural berbasis   yang sesuai dengan harapan   sangat tergantung pada keakuratan
 kovariat (covariance based-structural   masyarakat. Untuk mendapatkan   prediksi asal-tujuan transportasi.
 equation modelling (CB-SEM)); dan   informasi pemilihan oleh responden,   Seiring dengan kompleksnya
 2) model pilihan kontinu atau diskrit.   maka responden diminta untuk   perilaku perjalanan (travel behavior)
 Model pertama (model variabel   menunjukkan bobot mereka   transportasi di level individual,
 laten) terdiri dari model persamaan   (tingkat persetujuan) dengan   maka analisis data perjalanan
 struktural berbasis kovariat (CB-  empat distribusi pendapatan (yaitu   transportasi perlu disesuaikan
 SEM). Model ini umumnya digunakan   peningkatan transportasi umum;   dengan metode analisis yang dapat
 untuk menggali lebih dalam informasi   peningkatan keselamatan lalu lintas;   mengurangi bias antara demand
 perilaku terkait persepsi psikologis   merangsang bisnis lokal; tujuan lain).     yang diprediksi (predicted) dan
 responden. Model multiple-indicators   Hasil analisis dengan HRA (hybrid   realitasnya (observed). Prediksi
 multiple-causes (MIMIC) merupakan   revenue allocation) model yang   permintaan perjalanan (demand
 salah satu CB-SEM lengkap yang   diterapkan untuk analisis kebijakan   forecasting) merupakan komponen
 digunakan untuk menangkap variabel   road pricing di Jakarta, menunjukkan   utama untuk analisis kebijakan
 baik yang teramati (penyebab)   alokasi preferensi alokasi pendapatan   transportasi seperti studi kelayakan,
 maupun yang tidak teramati   yang dominan masing-masing adalah   perencanaan jaringan jalan,
 (indikator). Pada umumnya analisis   54,13 perse  dan 29,25 persen untuk   perencanaan moda transportasi dan
 data permintaan perjalanan dan   peningkatan transportasi umum dan   berbagai kebijakan transportasi.
 perilaku perjalanan transportasi   peningkatan keselamatan lalu lintas.   Perkembangan teknologi
 dihadapkan pada dua jenis data, yaitu   Sedikit dukungan untuk pengeluaran   komputasi dan sistem informasi
 data kontinu dan data diskrit.  untuk isu-isu lain seperti merangsang   memberikan kontribusi signifikan
 Optimalisasi model hibrida   bisnis lokal (12,52 persen) dan   dalam perubahan pola perjalanan
 ini terkait dengan bagaimana   menciptakan ruang hijau, mendorong   transportasi individual. Sehingga
 pendapatan dari kebijakan road   penegakan hukum dan meningkatkan   disimpulkan pendekatan yang
 pricing di Jakarta harus dialokasikan   sistem parkir (total 4,10 persen).   mampu mengakomodir kompleksnya
 untuk pembiayaan kebijakan   Model HRA menyimpulkan faktor   pola pergerakan dan atribut perilaku
 transportasi yang sesuai dengan   yang signifikan mempengaruhi   perjalanan transportasi adalah
 harapan masyarakat. Selanjutnya,   perilaku pilihan individu termasuk   pendekatan disagregat (generasi
 studi ini menggunakan kerangka   variabel nyata (tangible), yaitu   ke 3 dan 4) dan pendekatan big
 utilitarian tradisional (utilitarian   tingkat biaya; pendapatan bulanan;   data analytics dan artifial intelligent
 resource allocation) untuk   pengeluaran transportasi; frekuensi   (generasi ke lima). []
 memodelkan alokasi pembiayaan   mengunjungi kawasan pusat bisnis,
 transportasi yang bersumber dari   atau CBD; frekuensi menggunakan   * Tulisan Riset ini diambil dari
 pendapatan road pricing di Jakarta.   moda mobil untuk memasuki CBD;   Orasi Ilmiah  Prof. Dr. Eng. Ir.
 Model konvensional dikembangkan   frekuensi menggunakan transportasi   Sugiarto, ST., M.Eng., IPM pada
 berdasarkan pertimbangan   umum untuk memasuki CBD; dan   Sidang Terbuka Pengukuhan
 atribut objektif atau terukur dari   variabel tidak berwujud (intangible),   Profesor di USK, Kamis, 2 Juni
 alternatif dan karakteristik sosio-  yaitu pengakuan skema road pricing;   2022 dengan judul “Pengembangan
 demografis individu sebagai variabel   penghambatan kebebasan bergerak;   Model Disagregat Hibrida Perilaku
 penjelas. Sedangkan model hibrida   kepercayaan pada kebijakan   Perjalanan Untuk Prediksi
 kemudian menyertakan persepsi   pemerintah, termasuk transparansi   Permintaan Perjalanan Transportasi”




 32  Warta USK Juni 2022                                                                       Warta USK Juni 2022 33
   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38