Page 18 - Warta USK Juli 2022
P. 18
MUTU MUTU
Internalisasi Pendidikan Karakter Bagi arif dan bijaksana, bertanggung jawab,
daya juang, disiplin, ikhlas, inovatif,
Mahasiswa di Universitas Syiah Kuala jujur, sopan santun, rasa cinta dan
kasih sayang, dan nilai-nilai karakter
lainnya. Oleh karena itu, internalisasi
pendidikan karakter bagi mahasiswa
USK dapat dilakukan melalui:
Dr. drh. Sri Wahyuni, M.Si mencerdaskan kehidupan bangsa,
Anggota Pusat Pengembangan bertujuan untuk berkembangnya 1. Introduksi pendidikan karakter
Standar Mutu Pendidikan dan Kurikulum LP3M/ potensi peserta didik agar menjadi bagi mahasiswa baru saat
Dosen Fakultas Kedokteran Hewan USK pelaksanaan kegiatan Pakarmaru
insan yang bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa, berakhlak mulia, di USK.
sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, 2. Arahan dosen mengenai
dan menjadi warga negara yang pentingnya pendidikan karakter
demokratis dan bertanggung jawab. yang diberikan beberapa
Pendidikan karakter mahasiswa saat sebelum dan setelah
sangat penting diimplementasikan dosen menyampaikan materi mahasiswa yang mengikuti Namun dalam menjalankan
dalam menghadapi era globalisasi. pembelajaran. program pembelajaran di luar program ini, masih ditemukan
Program ini harus dilakukan 3. Penyampaian pendidikan program studi dalam waktu kendala yaitu minimnya media
secara fokus, terarah, dan karakter yang terkait nilai-nilai tertentu. advokasi pendidikan karakter
berkesinambungan. Internalisasi religi saat mahasiswa mengikuti Internalisasi pendidikan karakter berbasis budaya di lingkungan
pendidikan karakter yang berpedoman program UP3AI. mahasiswa di USK melibatkan USK. Oleh karena itu, USK perlu
pada nilai-nilai agama, budaya, dan 4. Penyampaian konten-konten berbagai pihak; memfasilitasi program ini dengan
ideologi bangsa (Pancasila) dapat budaya karakter berupa imbauan- menyiapkan media advokasi,
digunakan sebagai terapi preventif imbauan positif melalui media 1. Pimpinan program studi, TPMA, baik berupa media cetak maupun
maupun kuratif terhadap munculnya cetak dan elektronik yang dapat dosen, dan dosen wali, dan elektronik. Berbagai kegiatan
demoralisasi dan penyakit sosial dilihat dan diakses mahasiswa organisasi kemahasiswaan; internalisasi pendidikan karakter
masyarakat khususnya di kalangan secara langsung. 2. Pimpinan fakultas, dan tersebut harus dimonitor dan
mahasiswa. Upaya pengintegrasian 5. Mengintegrasikan pendidikan 3. Pimpinan universitas. dievaluasi secara berkala oleh
pendidikan karakter dalam proses karakter dalam kegiatan Untuk memperkuat karakter setiap program studi. Hasil evaluasi
ebagai salah satu perguruan Pendidikan pembelajaran di perguruan tinggi ekstrakurikuler maupun yang baik, kuat, dan tangguh bagi berupa capaian dan hambatan
tinggi terbaik di Indonesia, karakter ma- dapat dilakukan dengan memuat nilai- organisasi kemahasiswaan (BEM, mahasiswanya, USK telah menetapkan terhadap pelaksanaan program
Universitas Syiah Kuala (USK) nilai karakter dalam berbagai kegiatan UKM, dll). pedoman implementasi program dapat dikoordinasikan dengan
berkewajiban menghasilkan hasiswa sangat akademik maupun nonakademik. 6. Mengimplementasikan penguatan karakter mahasiswa di pihak LP3M USK. Akhirnya melalui
Slulusan yang berkompetensi penting diimple- Berdasarkan Pedoman Penguatan pendidikan karakter dalam USK sejak tahun 2019. Program internalisasi pendidikan karakter
tinggi, berkarakter, dan berakhlak mulia. Karakter Mahasiswa USK, terdapat kurikulum program studi yang ini didukung dengan terbitnya mahasiswa USK yang terus
Hal tersebut sesuai dengan amanat mentasikan da- lima nilai prioritas yang harus dirumuskan dalam Capaian Pedoman Program Penguatan dilakukan secara konsisten, akan
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 lam menghadapi dikembangkan bagi peserta didik di Pembelajaran Lulusan (CPL) yang Karakter Mahasiswa USK tahun 2021. menghasilkan alumni USK yang
tentang Sistem Pendidikan Nasional era globalisasi. USK, yaitu nilai universal, religi, etika, pelaksanaannya sesuai dengan Pedoman ini telah disosialisasikan ke berkarakter baik dan tangguh.
Pasal 3, bahwa pendidikan nasional mandiri, dan sosial. Dari kelima nilai visi, misi, dan tujuan USK. seluruh program studi untuk menjadi Seluruh alumni diharapkan memiliki
berfungsi mengembangkan kemampuan prioritas tersebut muncul berbagai 7. Implementasi pendidikan panduan implementasi dalam proses moral knowing, moral feeling, dan
dan membentuk watak serta peradaban nilai karakter, di antaranya adab dan karakter pada kurikulum MBKM pembelajaran dan berkegiatan di moral acting dalam bersikap dan
bangsa yang bermartabat dalam rangka perilaku terhadap sesama, amanah, yang sangat bermanfaat bagi kampus. berperilaku. []
18 Warta USK Juli 2022 Warta USK Juli 2022 19