Page 32 - Warta USK Desember 2022
P. 32
RISET
kawasan-kawasan di belakang jalan
tipe embankment ini. Dalam realita
peristiwa nya, tipe jalan embankment
ini telah terbukti menghentikan laju
gelombang tsunami dalam peristiwa
tsunami Jepang tahun 2011 lalu.
Ada banyak tipe bangunan-
infrastruktur yang dapat dijadikan
bagian dari upaya mitigasi tsunami
dengan menerapkan konsep co-
benefits ini. Pekerjaan rumah
untuk mitigasi tsunami ini perlu
dilaksanakan secara bertahap,
berkelanjutan, dan dalam jangka
panjang. Menunda melakukan ini
sama artinya kita menumpuk masalah
di akhir, mewariskan masalah yang
lebih rumit kepada generasi yang
Transect rencana Banda Aceh Outer Ring-Road (BORR) akan datang. Di tahun-tahun yang
akan datang, ketika pertumbuhan
ekonomi yang disertai pertumbuhan
penduduk, pengaturan ruang dan
Masjid merupakan satu di antara Ring-Road (BORR) yang sejak lama infrastruktur kawasan pantai akan
yang paling cocok digunakan sebagai sudah diusulkan menjadi salah satu menjadi semakin rumit. Oleh karena
bangunan evakuasi tsunami alternatif. solusi masalah transportasi Kota Banda itu, sustainable disaster risk reduction
Ini mengingat fungsi masjid yang dekat Aceh. Jalan BORR ini memiliki jalur yang sebagai bagian dari amanah Kerangka
dengan keseharian warga Aceh dan relatif sejajar dengan garis pantai Kota Kerja Sendai untuk Pengurangan
mayoritas masjid memiliki organisasi/ Banda Aceh (lihat Gambar 1). Namun, Risiko Bencana (Sendai Frameworks
pengurus yang selalu memikirkan pada konsepnya, elevasi jalan ini sama for Disaster Risk Reduction/SFDRR)
perawatan dan penggunaan masjid dengan jalan-jalan pada umumnya. perlu menjadi pekerjaan bersama kita
tersebut. Namun, tentu saja, Serangkaian simulasi numerik semua. Ini adalah hutang yang perlu
mengubah masjid sebagai bangunan yang kami jalankan mencoba mengkaji dibayar oleh generasi ini, saat ini, agar
evakuasi tsunami perlu didampingi daya reduksi terhadap tsunami jika anak-cucu kita tidak menjadi korban
dengan memastikan kekuatan struktur bentuk jalan diubah menjadi tipe tsunami seperti halnya kehilangan
akibat gempa bumi, tinggi yang embankment. Secara umum, jika yang pernah kita alami saat tsunami
melampaui tinggi estimasi tsunami di jalan BORR ini ditinggikan sekitar Aceh tahun 2004 lalu. []
titik tersebut, dan akses yang mudah +5.00 m dari desain awal, maka akan
bagi para warga yang evakuasi. mengurangi luas genangan tsunami Tulisan Riset ini diambil dari pidato
Contoh lain dari penerapan konsep sekitar 20 persen pada kasus tsunami Prof. Dr. Syamsidik, S.T., M.Sc., pada
co-benefits ini adalah pada modifikasi yang dipicu oleh gempa bumi 8,5 Mw Sidang Terbuka Pengukuhan Profesor
bentuk jalan dengan mengadopsi jalan dan sekitar 9 persen untuk tsunami di USK, Selasa 18 Agustus 2022
tipe embankment/urugan. Jalan yang sebesar yang terjadi tahun 2004 lalu dengan judul “Pengembangan Upaya
sejajar atau relatif sejajar dengan (Gempa bumi 9,15 Mw). Yang juga Mitigasi Bencana Tsunami Melalui
pantai dapat diubah atau didesain tidak kalah penting adalah kecepatan Rekayasa Struktur-Infrastruktur
dengan mengadopsi tipe urugan. Studi gelombang tsunami dapat ditekan Kawasan Pantai Dan Konsep Co-
kami untuk kasus Banda Aceh Outer pada tingkat yang cukup rendah pada Benefits”
32 Warta USK Desember 2022 Warta USK Desember 2022 33