Page 32 - Warta USK Desember 2022
P. 32

RISET






                                                                                kawasan-kawasan di belakang jalan
                                                                                tipe embankment ini. Dalam realita
                                                                                peristiwa nya, tipe jalan embankment
                                                                                ini telah terbukti menghentikan laju
                                                                                gelombang tsunami dalam peristiwa
                                                                                tsunami Jepang tahun 2011 lalu.
                                                                                   Ada banyak tipe bangunan-
                                                                                infrastruktur yang dapat dijadikan
                                                                                bagian dari upaya mitigasi tsunami
                                                                                dengan menerapkan konsep co-
                                                                                benefits ini. Pekerjaan rumah
                                                                                untuk mitigasi tsunami ini perlu
                                                                                dilaksanakan secara bertahap,
                                                                                berkelanjutan, dan dalam jangka
                                                                                panjang. Menunda melakukan ini
                                                                                sama artinya kita menumpuk masalah
                                                                                di akhir, mewariskan masalah yang
                                                                                lebih rumit kepada generasi yang
         Transect rencana Banda Aceh Outer Ring-Road (BORR)                     akan datang. Di tahun-tahun yang
                                                                                akan datang, ketika pertumbuhan
                                                                                ekonomi yang disertai pertumbuhan
                                                                                penduduk, pengaturan ruang dan
            Masjid merupakan satu di antara   Ring-Road (BORR) yang sejak lama   infrastruktur kawasan pantai akan
          yang paling cocok digunakan sebagai   sudah diusulkan menjadi salah satu   menjadi semakin rumit. Oleh karena
          bangunan evakuasi tsunami alternatif.   solusi masalah transportasi Kota Banda   itu, sustainable disaster risk reduction
          Ini mengingat fungsi masjid yang dekat   Aceh. Jalan BORR ini memiliki jalur yang   sebagai bagian dari amanah Kerangka
          dengan keseharian warga Aceh dan   relatif sejajar dengan garis pantai Kota   Kerja Sendai untuk Pengurangan
          mayoritas masjid memiliki organisasi/  Banda Aceh (lihat Gambar 1). Namun,   Risiko Bencana (Sendai Frameworks
          pengurus yang selalu memikirkan    pada konsepnya, elevasi jalan ini sama   for Disaster Risk Reduction/SFDRR)
          perawatan dan penggunaan masjid    dengan jalan-jalan pada umumnya.   perlu menjadi pekerjaan bersama kita
          tersebut. Namun, tentu saja,         Serangkaian simulasi numerik     semua. Ini adalah hutang yang perlu
          mengubah masjid sebagai bangunan   yang kami jalankan mencoba mengkaji   dibayar oleh generasi ini, saat ini, agar
          evakuasi tsunami perlu didampingi   daya reduksi terhadap tsunami jika   anak-cucu kita tidak menjadi korban
          dengan memastikan kekuatan struktur   bentuk jalan diubah menjadi tipe   tsunami seperti halnya kehilangan
          akibat gempa bumi, tinggi yang     embankment. Secara umum, jika      yang pernah kita alami saat tsunami
          melampaui tinggi estimasi tsunami di   jalan BORR ini ditinggikan sekitar   Aceh tahun 2004 lalu. []
          titik tersebut, dan akses yang mudah   +5.00 m dari desain awal, maka akan
          bagi para warga yang evakuasi.     mengurangi luas genangan tsunami   Tulisan Riset ini diambil dari pidato
            Contoh lain dari penerapan konsep   sekitar 20 persen pada kasus tsunami   Prof. Dr. Syamsidik, S.T., M.Sc., pada
          co-benefits ini adalah pada modifikasi   yang dipicu oleh gempa bumi 8,5 Mw   Sidang Terbuka Pengukuhan Profesor
          bentuk jalan dengan mengadopsi jalan   dan sekitar 9 persen untuk tsunami   di USK, Selasa 18 Agustus  2022
          tipe embankment/urugan. Jalan yang   sebesar yang terjadi tahun 2004 lalu   dengan judul “Pengembangan Upaya
          sejajar atau relatif sejajar dengan   (Gempa bumi 9,15 Mw). Yang juga   Mitigasi Bencana Tsunami Melalui
          pantai dapat diubah atau didesain   tidak kalah penting adalah kecepatan   Rekayasa Struktur-Infrastruktur
          dengan mengadopsi tipe urugan. Studi   gelombang tsunami dapat ditekan   Kawasan Pantai Dan Konsep Co-
          kami untuk kasus Banda Aceh Outer   pada tingkat yang cukup rendah pada   Benefits”





          32  Warta USK Desember 2022                                                                                                                                                                             Warta USK Desember 2022 33
   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37