Page 33 - Warta USK Desember 2022
P. 33

RISET






 kawasan-kawasan di belakang jalan
 tipe embankment ini. Dalam realita
 peristiwa nya, tipe jalan embankment
 ini telah terbukti menghentikan laju
 gelombang tsunami dalam peristiwa
 tsunami Jepang tahun 2011 lalu.
 Ada banyak tipe bangunan-
 infrastruktur yang dapat dijadikan
 bagian dari upaya mitigasi tsunami
 dengan menerapkan konsep co-
 benefits ini. Pekerjaan rumah
 untuk mitigasi tsunami ini perlu
 dilaksanakan secara bertahap,
 berkelanjutan, dan dalam jangka
 panjang. Menunda melakukan ini
 sama artinya kita menumpuk masalah
 di akhir, mewariskan masalah yang
 lebih rumit kepada generasi yang
 Transect rencana Banda Aceh Outer Ring-Road (BORR)   akan datang. Di tahun-tahun yang
 akan datang, ketika pertumbuhan
 ekonomi yang disertai pertumbuhan
 penduduk, pengaturan ruang dan
 Masjid merupakan satu di antara   Ring-Road (BORR) yang sejak lama   infrastruktur kawasan pantai akan
 yang paling cocok digunakan sebagai   sudah diusulkan menjadi salah satu   menjadi semakin rumit. Oleh karena
 bangunan evakuasi tsunami alternatif.   solusi masalah transportasi Kota Banda   itu, sustainable disaster risk reduction
 Ini mengingat fungsi masjid yang dekat   Aceh. Jalan BORR ini memiliki jalur yang   sebagai bagian dari amanah Kerangka
 dengan keseharian warga Aceh dan   relatif sejajar dengan garis pantai Kota   Kerja Sendai untuk Pengurangan
 mayoritas masjid memiliki organisasi/  Banda Aceh (lihat Gambar 1). Namun,   Risiko Bencana (Sendai Frameworks
 pengurus yang selalu memikirkan   pada konsepnya, elevasi jalan ini sama   for Disaster Risk Reduction/SFDRR)
 perawatan dan penggunaan masjid   dengan jalan-jalan pada umumnya.   perlu menjadi pekerjaan bersama kita
 tersebut. Namun, tentu saja,   Serangkaian simulasi numerik   semua. Ini adalah hutang yang perlu
 mengubah masjid sebagai bangunan   yang kami jalankan mencoba mengkaji   dibayar oleh generasi ini, saat ini, agar
 evakuasi tsunami perlu didampingi   daya reduksi terhadap tsunami jika   anak-cucu kita tidak menjadi korban
 dengan memastikan kekuatan struktur   bentuk jalan diubah menjadi tipe   tsunami seperti halnya kehilangan
 akibat gempa bumi, tinggi yang   embankment. Secara umum, jika   yang pernah kita alami saat tsunami
 melampaui tinggi estimasi tsunami di   jalan BORR ini ditinggikan sekitar   Aceh tahun 2004 lalu. []
 titik tersebut, dan akses yang mudah   +5.00 m dari desain awal, maka akan
 bagi para warga yang evakuasi.   mengurangi luas genangan tsunami   Tulisan Riset ini diambil dari pidato
 Contoh lain dari penerapan konsep   sekitar 20 persen pada kasus tsunami   Prof. Dr. Syamsidik, S.T., M.Sc., pada
 co-benefits ini adalah pada modifikasi   yang dipicu oleh gempa bumi 8,5 Mw   Sidang Terbuka Pengukuhan Profesor
 bentuk jalan dengan mengadopsi jalan   dan sekitar 9 persen untuk tsunami   di USK, Selasa 18 Agustus  2022
 tipe embankment/urugan. Jalan yang   sebesar yang terjadi tahun 2004 lalu   dengan judul “Pengembangan Upaya
 sejajar atau relatif sejajar dengan   (Gempa bumi 9,15 Mw). Yang juga   Mitigasi Bencana Tsunami Melalui
 pantai dapat diubah atau didesain   tidak kalah penting adalah kecepatan   Rekayasa Struktur-Infrastruktur
 dengan mengadopsi tipe urugan. Studi   gelombang tsunami dapat ditekan   Kawasan Pantai Dan Konsep Co-
 kami untuk kasus Banda Aceh Outer   pada tingkat yang cukup rendah pada   Benefits”





 32  Warta USK Desember 2022                                                               Warta USK Desember 2022 33
   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38